Soal-soal UAS ~Pengantar Bisnis
1. Apa yang dimaksud dengan manajemen produksi dan operasi ? Gambarkan dan jelaskan tentang proses produksi !
Manajemen produksi dan operasi adalah mengelola sumber daya manusia dan mesin dalam mengubah bahan baku menjadi barang dan jasa jadi
> Input
Sumber daya & bahan baku
> proses pengubahan
Menambahkan nilai
> output
Barang dan jasa
2.Apa yang dimaksud dengan Manajemen Produksi dan Operasi ? Apa saja tugas dari Manajer Produksi ? Jelaskan dengan singkat !
Manajemen produksi dan operasi adalah mengelola sumber daya manusia dan mesin dalam mengubah bahan baku menjadi barang dan jasa jadi
Tugas manajer produksi
Merencanakan keseluruhan proses produksi > memilih tata letak terbaik > menerapkan rencana produksi > mengendalikan proses produksi
3. Faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi fasilitas produksi ? Jelaskan ! -Jarak ke pemasok, udang dan penyajian dasar
-Ketersediaan kebutuhan pegawai
-Jumlah dan biaya layanan energi
-Transportasi murah untuk bahan baku dan Supply
-Jarak ke pasar untuk barang
4. Apa yang dimaksud dengan produksi ? Apa saja tugas dari manajer Produksi ? Jelaskan !
Produksi adalah penggunaan berbagai sumber daya seperti tenaga manusia dan mesin untuk mengubah bahan baku barang dan jasa jadi
Tugas manajer produksi
Merencanakan keseluruhan proses produksi > memilih tata letak terbaik > menerapkan rencana produksi > mengendalikan proses produksi
5. Apa perbedaan anatara produksi massal dan produksi fleksibel ? Jelaskan !
Produksi massal adalah sistem Manufacturing produk dalam jumlah besar melalui penggabungan efektif dari pegawai keahlian khusus, mekanisasi dan standarisasi.
Produksi fleksibel adalah
6. Apa yang dimaksud dengan produksi massal ? Ada tiga hal yang menyebabkan produksi massal dapat dilakukan. Sebutkan dan jelaskan !
Produksi massal adalah sistem Manufacturing produk dalam jumlah besar melalui penggabungan efektif dari pegawai keahlian khusus, mekanisasi dan standarisasi.
- Spesialisasi tenaga kerja : Membagi pekerjaan ke dalam unsur yang paling sederhana sehingga pegawai berkonsentrasi mengerjakan satu tugas
- Mekanisasi : Menggunakan mesin untuk mengerjakan banyak pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia
- Standarisasi : Melibatkan produksi barang dan komponen yang seragam dan dapat ditukarkan
7. Apa yang dimaksud dengan pemasaran ? Sebutkan dan jelaskan bagaimana pemasaran menciptakan utilitas.
Pemasaran adalah fungsi organisasional dan proses menciptakan, mengkomunikasikan serta memberikan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan dengan pelanggan yang dapat menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan
Pemasaran mempengaruhi berbagai aspek organisasi dan hubungan dengan pelanggan
Utilitas waktu
Barang akan berguna pada waktu kita butuhkan
Utilitas tempat
Barang akan berguna apabila di tempat yang kita inginkan barang tersedia
Utilitas kepemilikan
Barang akan berguna apabila barang itu milik kita sendiri
8. Jelaskan bagaimana hubungan antara klasifikasi produk (barang dan jasa) konsumen dengan intensitas saluran distribusinya !
Barang kenyamanan
Barang yang digunakan setiap hari mudah untuk ditemukan
Contoh sembako
Barang belanja
Produk yang umumnya dibeli setelah pembeli membandingkan produk yang bersaing di toko lain.
Contoh sofa, baju,
Barang khas / Barang mewah
Produk yang bersedia dibeli oleh pembeli meskipun ia harus mengeluarkan banyak upaya
Contoh mobil Ferrari
Intensitas saluran distribusi
Distribusi intensif
Melibatkan penempatan produk suatu perusahaan di hampir semua gerai yang tersedia
Distribusi selektif
Strategi jangkauan pasar yang didalamnya suatu produsen hanya memilih beberapa ritel untuk mendistribusikan produknya
Distribusi eksklusif
Membatasi jangkauan pasar di 1 wilayah geografis spesifik
9. Apa yang dimaksud dengan harga ? Apa saja tujuan dari penentuan harga ? Jelaskan !
Harga adalah nilai tukar barang atau jasa menjadi faktor utama dalam keputusan membeli
Tujuan penentuan harga
Tujuan profitabilitas - tujuan volume - penentuan harga untuk meningkatkan daya saing- tujuan prestise
10. Apa yang dimaksud dengan product life cycle ? gambarkan dan jelaskan tahapan-tahapannya !
Product life cycle atau daur hidup produk adalah 4 tahap dasar perkenalan, pertumbuhan, kematangan dan penurunan yang di lewati oleh suatu produk yang berhasil
Gambar tahapan
Perkenalan - pertumbuhan - kematangan - penurunan
11. Jelaskan perbedaan antara strategi dorong dan strategi tarik ! Serta berikan contohnya
Strategi dorong
Merupakan strategi promosi yang menggunakan tanaga penjual dan promosi perdagangan untuk “mendorong” produk lewat saluran distribusi
Contoh : Perusahaan menjelaskan ke perantrara pemasaran mengapa mereka harus membeli dgn tambahan diskon dan materi
Strategi tarik
Bertujuan untuk mempromosikan produk dengan menciptakan permintaan konsumen atas produk tersebut melalui iklan dan promosi. Contoh : iklan
12. Apa yang dimaksud dengan pemasaran nontradisional ? Sebutkan dan jelaskan jenis jenis pemasaran nontradisional !
Pemasaran nontradisional adalah
Jenis-jenis pemasaran non tradisional
1. Pemasaran orang
Upaya yang dirancang untuk menarik perhatian pasar target terhadap individu
Contoh: konser seminar
2. Pemasaran tempat
Bertujuan untuk menarik perhatian orang-orang ke tempat tertentu
Contoh: tempat liburan Ancol taman Mini dan lain-lain
3. Pemasaran acara
Memasarkan atau mensponsori acara jangka pendek
Seperti : Asian Games atau festival seni lain
4. Pemasaran penyebab
Pemasaran yang mempromosikan sebuah penyebab atau isu sosial
Contoh : Pembahasan tentang narkoba, kampanye anti rokok dll
5. Pemasaran organisasi
Mempengaruhi konsumen untuk menerima tujuan dari suatu organisasi
Contoh iklan pertamina, Astra dll.
13 Apa yang dimaksud dengan harga ? Sebutkan dan jelaskan tujuan penentuan harga
Harga adalah nilai tukar barang atau jasa menjadi faktor utama dalam keputusan membeli
Tujuan penentuan harga
Tujuan profitabilitas - tujuan volume - penentuan harga untuk meningkatkan daya saing- tujuan prestise
14. Apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar ? Terdapat empat (4) dasar umum dalam segmentasi pasar konsumen. Sebutkan dan jelaskan !
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar ke dalam beberapa kelompok yang relatif homogen.
4 dasar umum segmentasi pasar konsumen
- geografis : Wilayah, kepadatan penduduk, kode pos
- psikografis : Gaya hidup, sikap, opini, pola perilaku, kepribadian
- demografis : Usia atau jenis kelamin, pendapatan, pendidikan
- terkait produk : Kenyamanan, keamanan, kemewahan, ekonomi.
15. Apa yang dimaksud dengan Promotional Mix ! Jelaskan komponen-komponenyang terdapat dalam promotional mix !
Bauran promosional adalah kombinasi teknik penjualan personal dan nonpersonal yang dirancang untuk mencapai tujuan profesional.
Komponen promotional mix
Penjualan personal adalah bentuk promosi paling mendasar, presentasi langsung di depan hadapan pembeli
penjualan non personal terdiri dari iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung dan hubungan masyarakat.
16. Jelaskan perbedaan antara neraca dan laporan Rugi Laba ! laporan keuangan
Neraca adalah laporan posisi finansial perusahaan, apa yang dimiliki perusahaan dan klaim terhadap aset nya pada periodee tertentu
Laporan laba rugi bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.
17. Sebutkan dan jelaskan jenis jenis sekuritas!
1. Instrumen pasar uang
- sekuritas utang jangka pendek dikeluarkan pemerintah lembaga atau perusahaan
2. Obligasi
Adalah hutang jangka panjang
obligasi pemerintah, obligasi pemerintah daerah, obligasi perusahaan, obligasi lembaga keuangan
3. Saham
Bukti kepemilikan sebuah perseroan terbatas
saham biasa
Pemegang saham bisa bertanggung jawab terhadap jalannya perusahaan dan memiliki hak untuk keputusan besar dalam perusahaan
Saham utama atau preferen
Di mana pemilik saham utama memiliki prioritas dalam penerimaan dividen tetapi tidak memiliki hak dalam manajemen perusahaan
4. Pasar keuangan
Pasar primer
Tempat dimana pertama kali perusahaan menjual sahamnya contoh idx
Pasar sekunder
Tempat dimana dijualnya kembali saham yang sudah melewati pasar primer
18. Siapa yang dimaksud dengan Manajer Keuangan ? Apa saja tugas dan tanggung jawab dari Manajer Keuangan!
Manajer keuangan adalah eksekutif yang mengembangkan dan mengimplementasikan rencana keuangan perusahaan dan menentukan sumber dan penggunaan dana yang tepat
Tugas manajer keuangan
1. Membuat perencanaan keuangan perusahaan
2. Mencari dan menggunakan sumber pembiayaan yang tepat bagi perusahaan
3. Mengelola aset dan semua input yang dimiliki perusahaan
4. Mendistribusikan laba yang diperoleh perusahaan
19. Apa yang dimaksud dengan:
Rasio likuiditas? adalah rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban atau membayar utang jangka pendeknya.
Saham ? Bukti kepemilikan sebuah perseroan terbatas
Pasar primer? Tempat dimana pertama kali perusahaan menjual sahamnya contoh idx
Neraca?
laporan posisi finansial perusahaan, apa yang dimiliki perusahaan dan klaim terhadap aset nya pada periodee tertentu
20. Apa yang dimaksud dengan pasar keuangan? Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pasar keuangan !
Pasar keuangan adalah pasar tempat sekuritas diperjualbelikanPasar primer
Tempat dimana pertama kali perusahaan menjual sahamnya contoh idx
Pasar sekunder
Tempat dimana dijualnya kembali saham yang sudah melewati pasar primer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar