1. Suatu kegiatan penyajian karya
seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas
adalah pengertian dari
a. Promosi
b. Pameran
c. Iklan
d. Kontes
e. Memamerkan
2. Kegiatan pameran diselenggarakan
dengan harapan karya yang dipamerkan terjual adalah salah satu tujuan seni rupa
berkaitan dengan
a. Kemanusiaan
b. Sosial
c. Komersil
d. Politik
e. Wawasan
3. Salah satu fungsi pameran di
sekolah bagi siswa adalah….
a. Media bermain
b. Media Apresiasi
c. Media promosi
d. Media perdagangan
e. Media penjualan
4. Sebagai alat komunikasi antara
pencipta seni atau seniman dengan pengamat seni atau apresiator merupakan ...
Kegiatan pameran
a. Manfaat
b. Tujuan
c. Ciri-ciri
d. Fungsi
e. Dampak
5. Dalam konteks penyelenggaraan
pameran seni rupa di sekolah, nurhadiat (1996) setidaknya fungsi pameran seni
rupa di sekolah itu ada ...
a. 4 fungsi
b. 5 fungsi
c. 6 fungsi
d. 7 fungsi
e. 8 fungsi
6. Simaklah pertanyaan berikut
1). Menyiapkan dan memilih Karya
2). Menentukan tema pameran
3). menyusun kepanitiaan
4). Menentukan tujuan
5). Menyiapkan perlengkapan pameran
Yang termasuk ke dalam persiapan pameran yaitu
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 4 dan 5
c. 1 dan 2
d. 2 dan 5
e. 1 dan 5
7. Simaklah pertanyaan berikut
1). Menyiapkan dan memilih Karya
2). Menentukan tema pameran
3). menyusun kepanitiaan
4). Menentukan tujuan
5). Menyiapkan perlengkapan pameran
Yang termasuk ke dalam Merencanakan pameran
yaitu
a. 1 dan 5
b. 2 dan 5
c. 1, 2 dan 3
d. 2, 3 dan 4
e. 2, 4 dan 5
8. Setelah kegiatan pameran
berakhir panitia harus menyusun laporan yang digunakan sebagai bentuk
pertanggungjawaban atas pelaksanaan pameran yang disebut dengan
a. Laporan akhir pameran
b. Laporan kegiatan pameran
c. Hasil laporan kegiatan pameran
d. Laporan kegiatan pameran awal
dan akhir
e. Laporan tetap pameran
9. Patung dengan objek kuda sebagai
simbol kegagahan adalah makna yang dikandung dalam seni rupa baik pada wujud
objeknya maupun pada unsur-unsur rupanya yang disebut dengan
a. Jenis
b. Fungsi
c. Simbol
d. Nilai
e. Unsur
10. Kalimat pujian yang baik
terhadap suatu lukisan adalah ....
a. Lukisan yang indah, tetapi tidak
terawat.
b. Lukisan yang indah dan
sederhana.
c. Lukisan yang memiliki pewarnaan
yang cukup baik.
d. Sangat disayangkan lukisan
sebagus ini dibiarkan begitu saja.
e. Lukisan ini sama sekali tidak
manarik.
11. Secara umum seni rupa dapat
dimaknai sebagai nilai keindahan hal ini merupakan pandangan berdasarkan
a. Nilai estetis
b. Nilai komersial
c. Nilai simbol
d. Nilai murni
e. Nilai terapan
12. Dalam melakukan apresiasi dan
menulis kritik terdapat beberapa tahapan yang bisa digunakan yaitu
a. Mendeskripsi, Menganalisis,
menilai, memuji
b. Mendeskripsi, Mengolah,
menafsirkan, menilai
c. Mendeskripsi, Menganalisis,
menafsirkan, menilai
d. Mendeskripsi, menilai,
Menganalisis, menafsirkan,
e. Mendeskripsi, menafsirkan,
Menganalisis menilai
13. Tahapan dalam kritik untuk
menemukan mencatat dan mendeskripsikan segala sesuatu yang dilihat apa adanya
dan tidak berusaha melakukan analisis atau mengambil kesimpulan disebut dengan
a. Mendeskripsi
b. menilai
c. Menganalisis
d. menafsirkan
e. memuji
14. Proses dengan menggunakan asam
kuat untuk mengikis bagian permukaan logam yang tak terlindungi untuk
menciptakan desain pada logam adalah nama Praktek Seni rupa
a. tie dye
b. Lukisan kaca
c. Pin
d. Etsa
e. Perisai
15. Teknik mewarnai kain dengan
cara mengikat kain dengan cara tertentu sebelum dilakukan pencelupan disebut
a. Membatik
b. Teknik butsir
c. tie die
d. Tenun
e. Sol
Essai
1. Jelaskan
pameran berdasarkan karya yang ditampilkan!
a.Pameran homogen
adalah suatu penyelenggaraan
pameran dengan menampilkan karya seni
dari salah satu cabang seni saja. Karya seni yang dipamerkan tersebut tidak
tergantung dari jumlah peserta pameran atau pemilik karya.
b.Pameran heterogen
adalah penyelenggaraan pameran yang
menampilkan beberapa cabang seni rupa pada waktu dan tempat, serta peristiwa
yang sama.
2. Sebutkan
manfaat yang didapatkan oleh para siswa saat terdapat pameran di sekolah
a.Menumbuhkan rasa percaya diri
pada diri
b.Membiasakan diri untuk bersikap
sportif
c.Mengembangkan sikap apresiasi
serta kreasi seni
d.Memperluas wawasan danpengetahuan
berorganisasi
f.Pameran seni merupakan ajang
komunikasi estetis
3. Sebutkan
alat-alat yang dalam pembuatan tie dye.
Kompor, panci, ember, karet gelang,
jarum dan benang, sendok, bola tenis, dan sarung tangan
4. Jelaskan
dua metode desain dalam pembuatan pin
a.
Desain gambar manual : Dalam menggunakan metode menulis kita harus menggambar
secara manual menggunakan pensil atau alat tulis lainnya
b.
Desain gambar print : Dengan menggunakan metode ini kita menggunakan gambar
dari internet kemudian kita print
5. Mengapa
untuk membuat tie dye di bagian dada harus diputar ?
Karena
dengan memutar di bagian dada berguna untuk membuat warna yang dituangkan nanti
menjadi berbentuk spiral
KJ
1. b
2. c
3. b
4. b
5. e
6. e
7. d
8. b
9. b
10. d
11. a
12. c
13. a
14. d
15. c
Tidak ada komentar:
Posting Komentar